Posted by : Prince of Wales 10 Feb 2014



Ohayooo minna, genki desuka? hehe Poyo - poyo is back !!! #plakplakplak

Sebelumnya minta maaf dulu gk apdet apdet blognya, keasikan liburan, gomen gomen..

Nah postingan kali ini bakalan membahas sebuah penyakit nih guys, penyakit yang bisa diderita oleh semua ras dan gender dan merupakan penyakit keturunan yang tidak membolehkan penderitanya keluar siang, apakah itu?

Xeroderma Pigmentosum, atau lebih dikenal sebagai XP adalah sebuah penyakit resesif yang diturunkan kepada turunannya sehingga menyebabkan adanya cacat dalam struktur susunan DNA repair atau NER (Nucleotide Excision Repair) yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh sina Ultra Violet.

Penyakit ini diturunkan dengan frekuensi 1:250.000 kelahiran di AS, namun di Jepang kemungkinannya 6 kali lebih tinggi.

Enzim NER sangat vital kehadirannya dalam hidup manusia, karena secara normal ketika kita terekspos sinar matahari yg mengandung UV secara continue, maka dapat merusak jaringan kulit, sinar UV dapat membentuk Pyrimidine Dimer yang akan memicu Melanoma (Kerusakan kulit) yang dapat mengakibatkan kanker kulit.
Melanoma

Normalnya kerusakan pertama akan diperbaiki oleh enzim endonukleus, kemudian dilanjutkan dengan pengobatan oleh enzim DNA polimerase yang akan memperbaiki struktur DNA yg rusak dan diakhiri dengan enzim Ligase yang menutup proses pengcopian polimerase, secara keseluruhan proses ini disebut NER, yang pada akhirnya mencegah pembentukan Pyrimidine Dimer.

Karena bahaya terpapar UV inilah para penderita XP dilarang terkena sinar matahari, karena akan sangat sangat sangat fatal akibatnya, DNA mereka bisa rusak dan mengakibatkan kematian, yang kebanyakn sebabnya adalah kanker kulit. Karenanya para penderita biasa disebut "Children of The Night" karena mereka hanya boleh keluar saat malah hari.

kurang dari 40% penderita XP tidak berhasil melewati usia 20 tahun :'(

Penyakit ini sempat muncul dalam film "Taiyo no uta" yang dibintangi oleh YUI dengan dirilisnya lagu "Goodbye Days" :3

Penderita XP



{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Woww... kirain waktu liat judulnya ini semacam penyakit insom karena kalau insom kan, nggak bisa tidur gitu trus pas malam" jadi gentayangan(?) *plakk #dijitakadmin

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

LALALALALAJakarta Japan Lunatic Club - JJLC UNJ - Powered by Blogger - Admin by Nur Muhammad Septia Putra -